Minggu, 04 Desember 2011

Rencana Pembelajaran III


RPP PERTEMUAN KETIGA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                        :SMA Negeri 2 Banjarmasin
Mata Pelajaran             : Geografi
Kelas/Semester            : XI IPS/ 1 (satu)
Pertemuan                   : Ketiga
Alokasi waktu              : 1 x 30’

Standar Kompetensi :    Menganalisis Fenomena Hidrologi
Kompetensi Dasar :  MenganalisisPengaruh Manusia Terhadap Siklus Hidrologi Daerah Aliran Sungai

Indikator :Mendiskripsikan Pengaruh Manusia terhadap siklus Hidrologi DAS

Tujuan pembelajaran : siswa dapat menyebutkan Pengaruh Manusia Terhadap Siklus Hidrologi DAS

Materi Pokok:
       
1.Manusia merupakan komponen ekosistem DAS yang berpengaruh besar dan dominan terhadap keseimbangan mekanisme kerja sistem ekologis yang berlangsung, termasuk mempengaruhi daur hidrologi. Dengan teknologi yang dikuasainya ia mampu mengelola sumberdaya alam dan ekosistem di sekitarnya disesuaikan dengan keinginannya.

          
2.Pengaruh manusia dalam daur hidrologi dapat terjadi sepanjang aliran DAS, baik di bagian hulu, bagian tengah, dan atau di bagian hilir; dengan sifat pengaruh ada yang langsung atau tidak langsung. Tindakan manusia yang berpengaruh terhadap proses siklus hidrologi banyak menyangkut alokasi penggunaan lahan, pembuatan bangunan air di dalam DAS, pengelolaan vegetasi, pengelolaan tanah, tindakan konservasti tanah dan air, pemanfaatan air tanah, dan masuknya polutan ke dalam siklus hidrologi.

Metode Pembelajaran :
Metode pembelajaran: Penyampaian materi melalui blog, diskusi, dan penugasan melalui blog.

Sarana / Alat dan Sumber Belajar :
     A.  Sarana / Alat : email, blog, jaringan internet.
     B.  Sumber Belajar : Buku Geograpi yang relevan

Langkah langkah kegiatan Belajar

1.pendahuluan
     a,guru memberikan alamat blog yang berisi materi tentang Pengaruh Manusia Terhadap Siklus Hidrologi
        DAS



2.Kegiatan inti
     A.Siswaa membuka alamat blog yang telah diberikan, 
     B.siswa memahami materi  pada blog tersebut,
     C.Apabila kurang memahami, siswa dapat bertanya melalui email: ruppuy26@yahoo.co.id

3.Penutup
     A.Siswa diberikan tugas individu, dengan tugas  menjelaskan Pengaruhnya manusia terhadap siklus 
        hidrologi DAS
     B.Tugas tersebut dikumpulkan paling lambat 3 hari setelah tugas ini diberikan. 
     C.Tugas dikirim melalui email: ruppuy26@yahoo.co.id

Penilaian
     A.Penilaian tugas dilihat berdasarkan ketepatan mengumpul tugas dan hasil dari jawaban para siswa


                                                                          Banjarmasin, 2 Desember 2011


                                                                                    Tangguh Perdana Putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar